Roblox akan mulai berbagi lebih banyak pendapatan dengan para kreator

Jakarta (PAY MEDIA) – Saat Roblox berupaya mencapai target satu miliar penggunanya, perusahaan mencari cara baru untuk berbagi pendapatan dengan pengembang serta kreator yang telah mengembangkan jutaan game di platform tersebut.

Pada konferensi pengembang tahunan perusahaan di San Francisco pada Jumat (6/9), CEO Roblox David Bazuki mengumumkan pada Sabtu (7/9) bahwa pembuat game akan dapat mempertahankan 50 hingga 70 persen pendapatan mereka, seperti dilansir The Ambang. Judul dibayar ketika dibeli dengan mata uang nyata di komputer desktop.

Jumlah ini jauh lebih besar daripada bagi hasil sekitar 30 persen yang diberikan Roblox kepada pengembang untuk pembelian yang dilakukan dengan mata uang Robux sebagai bagian dari pengalaman gratis.

Cara lain Roblox membayar pembuatnya adalah melalui program tautan afiliasi baru. Mereka yang diterima akan dapat memperoleh hingga 50 persen (hingga $100 USD atau sekitar Rp1,5 juta) dari pembelian Robux yang dilakukan pengguna baru dalam waktu enam bulan setelah bergabung melalui tautan pendaftaran mereka.

“Saya pikir ini akan memudahkan para pembuat konten untuk merasa nyaman melakukan pemasaran sosial yang berat,” kata Bazuki tentang program baru ini.

Pengumuman besar Roblox lainnya pada konferensi pengembang tahun ini termasuk mode “pesta” baru yang memungkinkan hingga enam orang untuk berkomunikasi dan beralih antar pengalaman sebagai sebuah kelompok.

Mulai tahun depan, Roblox juga bermitra dengan Shopify untuk memungkinkan pengembang menjual produk dunia nyata melalui platform tersebut. Ketentuan pembagian pendapatan dalam perjanjian tidak diungkapkan.

Meskipun basis pengguna harian Roblox terus tumbuh menjadi 79,5 juta pada kuartal terakhir, perusahaan tersebut mendapat kecaman dalam studi Bloomberg baru-baru ini yang berjudul “Masalah Pedofil Roblox”.

Setelah ceritanya diterbitkan musim panas ini, pemerintah Turki melarang Roblox karena menjadi tuan rumah “RG virtual” dan “permainan kekerasan” yang dimainkan oleh anak-anak.

Roblox mengajukan banding atas larangan tersebut minggu ini, dengan Bazuki mengatakan: “Kami optimis dan bekerja sama dengan pemerintah dan pengadilan.”

Dia mengatakan bahwa “insiden apa pun di platform kami tidak dapat diterima” dan kepercayaan serta keamanan adalah “prioritas tertinggi” dalam perusahaan.

“Kecerdasan buatan kami semakin baik setiap harinya. Tinjauan manusia kami menjadi lebih baik setiap hari. “Jadi dari sudut pandang saya, kualitas sistem keamanan kami terus meningkat.”

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *